Senin, 22 Desember 2014

Knowledge Management

Knowledge Management

Defini para ahli

Davidson dan Voss (2002) knowledge management adalah sistem yang memungkinkan perusahan menyerap sebagai sistem yang memungkinkan perusahaan menyerap pengetahuan, pengalaman dan kreatifitas para stafnya untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
Satoso dan surmach (2001) knowledge manajemen adalah proses dimana perusahaan melahirkan nilai-nilai dari intelektual dan asset yang berbasiskan pengetahuan.
Bergerson (2003) manajemen pengetahuan merupakan suatu pendekatan yang sistematis untuk mengola asset intelektual dan informasi lain sheingga memberikan keunggulan bersang bagi perusahaan.

Jenis penerapan knowledge management
1.    Tacit knowledge
Tacit knowledge adalah pengetahuan yang terdapat dalam diri kita yang belum didokumentasikan kepada orang lain.

2.    Explicit knowledge
Explicit knowledge adalah pengetahuan yang bersifat tersirat atau sudah didokumentasikan, sehingga memudahkan karyawan untuk mempelajarinya.





Manfaat knowledge management
  1. Pengehematan waktu dan biaya. Dengan adanya sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka organisas akan mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks yang lainnya, sehingga organisasi akan dapat menghemat waktu dan biaya.
  2. Peningkatan asset pengetahuan. Sumber pengetahuan akan memberikan kemudahan kepada setiap karyawan untuk memanfaatkannya, sehingga proses pemanfaatan pengetahuan di lingkungan organisasi akan meningkat dan akhirnya proses kretifitas dan inovasi akan terdorong lebih luas dan setiap karyawan dapat meningkatkan kompetensinya.
  3. Kemampuan beradaptasi. Organisasi akan dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi.
  4. Peningkatan produktifitas. Pengetahuan yang sudah ada dapat digunakan ulang untuk proses atau produk yang akan dikembangkan, sehingga produktifitas dari organisasi akan meningkat .

Contoh Succesful Implementation of Knowledge Management di Indonesia


Telkom Group kembali meraih penghargaan. Bersama dengan 4 perusahaan lainnya, Telkom meraih penghargaan sebagai Winner dalam 2013 Indonesian MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise).
Indonesian MAKE Award merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang dinilai telah berhasil membangun kapabilitas dan proses organisasi berbasis pengetahuan, sehingga menjadikan knowledge sebagai salah satu nilai dan kekuatan ekonomi di dalam perusahaannya. Tahun 2013 ini, Indonesian MAKE Award bertema “Value Creation Through Integrated Knowledge Management”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar