Knowledge Management
Defini para ahli
Davidson dan Voss (2002) knowledge management adalah sistem yang memungkinkan perusahan menyerap sebagai sistem yang memungkinkan perusahaan menyerap pengetahuan, pengalaman dan kreatifitas para stafnya untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
Satoso dan
surmach (2001) knowledge manajemen adalah proses dimana perusahaan melahirkan
nilai-nilai dari intelektual dan asset yang berbasiskan pengetahuan.
Bergerson
(2003) manajemen pengetahuan merupakan suatu pendekatan yang sistematis untuk
mengola asset intelektual dan informasi lain sheingga memberikan keunggulan
bersang bagi perusahaan.
Jenis penerapan knowledge management
1.
Tacit knowledge
Tacit knowledge adalah pengetahuan yang terdapat dalam diri kita yang belum didokumentasikan
kepada orang lain.
2.
Explicit knowledge
Explicit knowledge
adalah pengetahuan yang bersifat tersirat atau sudah didokumentasikan, sehingga
memudahkan karyawan untuk mempelajarinya.
Manfaat knowledge management
- Pengehematan waktu dan biaya. Dengan
adanya sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka organisas
akan mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks yang
lainnya, sehingga organisasi akan dapat menghemat waktu dan biaya.
- Peningkatan asset pengetahuan. Sumber
pengetahuan akan memberikan kemudahan kepada setiap karyawan untuk
memanfaatkannya, sehingga proses pemanfaatan pengetahuan di lingkungan
organisasi akan meningkat dan akhirnya proses kretifitas dan inovasi akan
terdorong lebih luas dan setiap karyawan dapat meningkatkan kompetensinya.
- Kemampuan beradaptasi. Organisasi akan
dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang
terjadi.
- Peningkatan produktifitas. Pengetahuan
yang sudah ada dapat digunakan ulang untuk proses atau produk yang akan
dikembangkan, sehingga produktifitas dari organisasi akan meningkat .
Contoh
Succesful Implementation of Knowledge Management di Indonesia
Telkom Group kembali meraih penghargaan. Bersama dengan 4 perusahaan lainnya, Telkom meraih penghargaan sebagai Winner dalam 2013 Indonesian MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise). Indonesian MAKE Award merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang dinilai telah berhasil membangun kapabilitas dan proses organisasi berbasis pengetahuan, sehingga menjadikan knowledge sebagai salah satu nilai dan kekuatan ekonomi di dalam perusahaannya. Tahun 2013 ini, Indonesian MAKE Award bertema “Value Creation Through Integrated Knowledge Management”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar